Semakin banyak kita membaca, semakin banyak pula yang kita tau.

Cara Menginstall Google Chrome di Ubuntu


hallo gan,.. setelah seharian browcing-browcing dengan mbah google pada bosan menggunakan tampilah mosilla firefox, eh…kepikiran juga gimana yach caranya agar dapat berseluncur di dunia maya menggunakan aplikasi browser yang lain selain firefox pada OS Linux Ubuntu 10…..berapalah, (udah nggak tau versinya berapa soalnya cuma minta sama teman) yang baru saya pelajari.

Apakah penginstalan Chrome harus melalui jendela terminal yang sering main apa kaka “sudo apt-get install bla…bla…bla…bla…”, eh ternyata nggak sesulit yang dibayangkan, Nah…bagi teman-teman yang juga sesama newbie dalam penggunaan OS Linux Ubuntu yang ingin tau “Cara Menginstall Google Chrome di Ubuntu”, (sekedar berbagi) nih saya bagi sedikit pengalaman yang cukup membuat saya pusing sedikit dalam menginstal aplikasi broser Chrome.

hal pertama yang harus teman-teman sediakan tentunya terkoneksi dengan jaringan, entah itu di warkop (warung kopi), atopun di cafe..

selanjutnya buka aplikasi browser bawaan dari Linux Ubuntu “mosilla firefox yang ada di jendela panel paling atas pada tampilan default Ubuntu.

kemudian di bagian pengisian alamat url, ketikkan http://www.google.com, nah… seringkali udah ada bawaannya untuk di minta “cara lebih cepat menjelajah internet – INSTALL GOOGLE CHROME” nah agan-agan semua tinggal mengikuti jejak langkah dari sang mbah google untuk mendownload aplikasinya ato juga bisa di SINI,

setelah masuk ke link tersebut akan diminta apakah agan-agan akan mendownload versi yang mana?. nah yang saya pakai versi 32 bit.deb (untuk debian/ubuntu) kebetulan yang running di kompi saya itu versi 32 bit.

setelah selesai dengan downloadnya, kini tinggal double klik pada Chrome yang telah agan-agan download tadi, biarkan dia running…

nah…selesai deh,.. tapi,.. “kalo saya masih baru dalam penggunaan Ubuntu, dimana Chrome yang tadi saya install?, kok nggak ada di tampilan desktop,..?”

tenang jangan panik kita bisa menemukannya di jendela Aplications – Internet, di situ agan-agan bisa temukan aplikasinya…

“tapi rasanya ribet kalo harus buka-buka jendela aplications untuk mencari Chromenya!”
itu sich mudah tinggal klik kanan di aplikasi yang akan di tambahkn ke desktop ato ke jendela panel, di situ kan ada pilihan “add this launcher to panel” – itu kegunaannya untuk menambahkan shortcut ke jendela panel yang ada di bagian atas tab kita, kemudian “add this launcher to desktop” -sesuai namanya pasti agan-agan sudah tau untuk menambahkan shorcutnya di desktop..

nah sekian dulu deh bagi-bagi pengalamannya,.. kalo ada yang kurang dari tulisan ini ato setelah membacanya dan agan-agan kasian😦 tolong tinggalkan komentarnya,.. trima kasih🙂 …

One response

  1. makasih panduan install google chrome di linux ubuntunya.

    Januari 5, 2013 pukul 6:04 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s